Mesjid dan Islamic Center di Korea

September 12, 2008 at 8:04 am | Posted in Uncategorized | 4 Comments
Tags:

Mesjid dan Islamic Center di Korea

Pertama kali ke Korea jangan tertipu dengan bangunan indah dan berkubah. Di Korea banyak sekali bangunan seperti ini, mesti kita berpikir bangunan ini adalah mesjid layaknya di Indonesia. Hampir setiap mesjid berkubah.

Dikorea bangunan seperti ini adalah motel tempat menginap. Uniknya hampir semua bangunan motel di Korea selalu ada kubahnya. Jadi mesti muslim pertama kali datang ke Korea bisa tertipu. Sudah senang-senang melihat banyak bangunan berkubah dikiranya mesjid di Korea begitu banyak namun ternyata bukan mesjid.

Terdapat 16 mesjid dan Islamic Center di seluruh Korea Selatan. Terdiri dari 8 mesjid dan 8 Islamic Center yang tersebar. Namun itu semua yang terdapat dalam KMF (Korea Muslim Federation). Kemungkinan masih banyak mushola-mushola ataupun Islamic Center yang kecil di beberap kota yang belum terdaftar.

Ini adalah daftar alamat-alamat mesjid dan Islamic Center di Korea Selatan:

1. Seoul Central Masjid

732-21, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul

Telp. (02) 793-6908, (02) 798-9782

2. Daegu Islamic Center

202-6, Jukjeon-dong, Dalseo-gu, Daegu

Telp. (053) 523-2171

http://WWW.dgislam.or.kr

3. Jeonju Masjid

1562-10, Ingu-dong, 2ga, Deokjin-gu, Jeonju-si, Jeonbuk

Telp. (063) 243-1483

4. Kwangjoo Islamic Center

894-7, Wolgye-dong, Kwangsan-gu,

Kwang Ju

Telp. (062) 972-5136

5. Kwangu Masjid

48-9, Yeok-ri, Kwangju-eup-gun,

Kyonggi-do

Telp.(031) 761-3424

6. Paju Masjid

421-9, Youngtae-ri, Woleung-myun,

Paju-si, Kyonggi-do

Telp. (031) 946-2110

7. Dongam Islamic Center

279-9, Shipjeoung-dong, Bupyung-gu

Incheon

8. Daejon Islamic Center

404-9, lt.2, yusonggu, gudong,

Daejon-si

Telp. 010-6875-2664

9. Al-Madina Mosque Shiwa Ansan

Shiwa Industrial Complex 3 Ra-311 Jung Wang-dong Shihung City Kyunggi-do

Telp.(031) 434-4501.

mobile: 010-5844-7663

10. Dongdoochun Islamic Center

560-5, Jungang-dong, Dong Du Cheon-si

Kyonggi-do

11. Geoyeo Islamic center

186-26, Songpagu, goyo-dong, Seoul-si

12. Jeju Islamic Center

1208, Chunghan Officetel, Nohyung-dong 939, Cheju-si

Telp. (064) 712-1215

13. Ansan Islamic Center

741-5, Wonkok-dong, Danwon-gu,

Ansan-si, Kyonggi-do

Telp. (031) 492-1948

14. Anyang Masjid

Anyang 5dong, Anyang-si

Kyonggi-do

Telp. (031) 444-7757

15. Busan Masjid

Namsan-dong, Keumjeong-gu, Busan

Telp. (051) 518-9991

16. Bupyung Masjid

574-19, Shipjeong-dong, Bupyung-gu, Incheon

Telp. (032) 512-2612

Advertisements

Buat Mandu yuk,

September 12, 2008 at 6:12 am | Posted in Uncategorized | 2 Comments
Tags:

Pengen makan mandu, tapi 어떻게(bagaimana):( semua isinya pake 돼지고기 (daging babi). atau ada yang enggak juga belum jelas sih halal tidaknya. ini dia kita coba buat sendiri yuk..

oya kalau belum tau mandu, itu seperti somay dengan kulit pangsit/lumpia yang dikukus. rasanya enak deh. soalnya Khansa,Laskar, umi dan abi pernah makan ditempat Bude Fatima/itaewon. eh abinya minta dibikinin juga di rumah. jadi deh umi belajar buat sendiri.

cuma isinya pake resep sendiri.:) insyaAllah mudah nih.

Bahan-bahan:

  1. Kulit mandu (mandu pi)* 

2. putih telur/air (untuk lem)

Bahan isi/ tumis: (untuk kali ini karena kebetulan ada sisa tumisan ayam teriyaki yang dibuat umi semalam).

  1. isinya ternyata bisa juga dari bahan nugget tahu.
  2. atau bisa juga isi dengan tumisan daging yang disuwir2 kecil dengan bawang bombay dan bawang putih.
  3. isi bisa variasi

Cara membuatnya:

  1. Ambil selembar kulit mandu, isi dengan bahan isi. jangan terlalu banyak. secukupnya saja.
  2. kulit mandu biasanya berbentuk lingkaran, setelah diisi sekeliling lingkarannya diberi air/putih telur agar dapat menempel lalu lipat dua seperti pastel, lalu lipat lagi kedua ujungnya dipertemukan. boleh dibentuk sesuai selera. asal seluruh bahan isi tertutup.
  3. Didihkan air di panci.
  4. kukus selama 15-20 menit.
  5. Angkat hidangkan hangat.

Oya biar terasa lebih Indonesia makan mandu ini dengan bumbu pecel. ups rasanya nikmat seperti somay. kalau mandunya mau di goreng juga bisa, rasanya jadi seperti batagor deh. Tips gorengnya harus dengan minyak banyak dan panas biar garing dan kering. Terus di buat sop juga bisa tinggal dibuat kuah setelah dikukus. kuahnya seperti kuah baso ditambahin udang kering lebih nikmat dalam rebusan kuah itu. insyaAllah gak kalah seperti rasa pangsit kuah. kalau orang Korea sih makan mandu ini dengan ganjang (kecap asin) dicampur biji wijen dan cabe bubuk.

Tapi kalau abi makannya dengan cuka pempek. itung-itung kangen makan pempek:)

Pagi itu mandu dibuat langsung laris manis dimakan oleh Khansa Laskar dan Abi, Umi juga. Alhamdulillah.

Satu lagi mandu ini juga setelah dikukus bisa di simpan dalam frezer. kalau mau dimakan tinggal dikukus lagi.

Selamat mencoba yah.

*per plastiknya kulit mandu dijual biasanya sebanyak 20 lembar

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.