Merindu Kue Pukis

May 1, 2009 at 5:28 am | Posted in Uncategorized | 1 Comment

Author: Wanti Utami

Tinggal di rantau dengan beberapa keterbatasan terkadang menjadikan kita lebih kreatif. Termasuk dalam hal masak-memasak. Seringkali ketika kita mau memasak terbentur dengan tidak adanya peralatan. Mau membeli, belum tentu barang yang kita perlukan ada atau juga barangnya ada tetapi uangnya nggak ada :( Kalaupun ada dua-duanya (barang dan uang), rasanya sayang juga kalau tidak terlalu penting sementara kita tidak seterusnya tinggal disini. Belum lagi kalau sewa rumah nggak bisa diperpanjang atau ingin ada suasana baru :)
Pindah dengan barang-barang yang banyak tentunya merepotkan. Apalagi jasa pindahan disini terbilang mahal, ada yang bilang 600 ribu won itu menggunakan pick up. Makanya orang Korea kalau pindah rumah sering membuang barang-barangnya. Entah kenapa orang Korea seringkali berpindah rumah. Di pinggir jalan sering terlihat banyak tumpukan barang yang masih layak pakai, buangan orang yang mau pindah rumah dan orang-orang yang sudah bosan dengan barangnya. Orang Indonesia, termasuk saya :) tidak perlu repot beli lemari, rak buku, meja, dll karena bisa ngambil gratis :D
Jadi, memanfaatkan peralatan seadanya itu adalah pilihan yang terbaik.

Kali ini anakku kangen dengan pukis, sudah lama nggak makan pukis. ‘”Ayo Mi bikin pukis,” katanya. Terkadang memang ada rasa kangen dengan makanan-makanan Indonesia, yang besar aja kangen apalagi anak-anak. Wajarlah :)
Gimana ya? Kita nggak punya cetakan. Akhirnya kita coba pakai wajan teflon, karena wajan teflon yang lebar tentunya lebih lama matangnya. Jadi buatnya gak bisa terlalu tebal. Gak apa2 yang penting rasanya pukis. Masalah peralatan memasak sudah.
Masalah berikutnya adalah bagaimana menakar bahan-bahannya tanpa ada timbangan. Jangan khawatir. Kita bisa manfaatkan gelas sebagai pengganti timbangan. Berikut hasil konversi berat dengan gelas.

1 cup = 200 cc air = 125 gr tepung = 200 gr gula.

Sekarang dimulai yuk masak-masaknya. Kebetulan semua bahan sudah tersedia di rumah. Jadi tinggal masuk-masukkan bahan, tunggu, selesai deh. Sekalian jadi program cooking class-nya anak. :D

Bahan-bahannya (Resep diambil dari Femina edisi oktober 2005):
- 6 kuning telur
- 2 putih telur
- 120 gr gula pasir (resep asli 100 gr ~gula korea kurang manis dibanding gula Indonesia)
- 350 gr tepung terigu
- 150 gr mentega cair
- 500 ml santan hangat
- 1 sdt ragi instan
- ½ sdt baking powder

Cara membuat :
1. Kocok kuning telur, putih telur, gula hingga mengembang.
2. Masukkan tepung terigu, tambahkan ragi, santan kemudian aduk rata
3. Diamkan minimal 30 menit, kemudian masukkan mentega cair.
4. Panaskan cetakan, tuangkan adonan. Bisa ditambahkan coklat, keju,kacang sesuai selera
5. Panggang dengan api kecil hingga matang

Catatan:
Di resep asli tidak disebutkan baking powder. Saya pernah mencoba membuat terang bulan (martabak manis) tanpa baking powder ternyata adonan tidak bisa mengembang.
Untuk menghindari adonan cepat gosong (karena tidak memakai cetakan pukis), bisa disiasati dengan membuat adonan yang tidak terlalu manis kemudian diberi taburan gula diatasnya ketika adonan setengah matang).

Tambahan tips memasak:
Tips mengukus: kalau tidak ada panci untuk mengukus bisa menggunakan panci biasa. Untuk sarangan bisa menggunakan saringan untuk minyak yang banyak dijual di toko seribuan. Saringan ini bisa juga kita gunakan untuk naruh buah atau sayur yang habis dicuci biar airnya bisa netes. Praktis kan? Satu alat bisa dipakai untuk beberapa fungsi.

Nah, yang belum ketemu adalah tips untuk meng-oven roti tanpa microwave, bisa nggak pakai magic jar? Gimana caranya ya? Mohon sharingnya… :D

Me and ‘Ajumma’

May 1, 2009 at 5:19 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Author: Dita Ade Susanti

Sedikit cerita tentang the most wanted person in Korea: Ajumma :D

Sebelum berlanjut, siapakah ajumma ini?
Apa itu ajumma?

Ajumma (아줌마), dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “ibu-ibu” dan dalam bahasa inggris diartikan sebagai aunty. Namun jika kita ingin memanggil sang ibu-ibu, bukanlah dengan menyebutnya Ajumma, tapi dapat dilembutkan dengan AJUMEONI (아주머니) atau IMO (이모).
Ajumma di Korea, khususnya di daerahku cukup banyak, selain banyak pula kakek dan nenek :p tapi jangan sangka, para ajumma di sini sangatlah menjaga penampilan dan terpenting adalah berat badan, jadi tidak heran kalau ibu-ibu disini langsing bin slim. :D

Hal lain yang kutemui, para ibu disini mayoritas dapat mengendarai mobil, menyetir maksudku. Keahlian menyetir diperlukan untuk berbelanja, menjemput anak, dan melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, mayoritas keluarga disini tidak memiliki servant (pembantu rumah tangga), karena harganya yang wuihhh mahal pisan… hanya wealth family yang mampu menyediakan, itu pun biasanya pembantu tidak stay at home, tetapi pulang-pergi dan pembantu tersebut bukanlah pekerja yang didatangkan dari negara lain tapi local product dalam negeri (Korean).

Umur rata-rata wanita Korea menentukan hidupnya, untuk menikah atau tidak adalah di masa-masa 27 tahun sampai 29 tahun. Hal yang membedakan antara wanita menikah dengan mereka yang memilih tidak menikah. Umumnya para wanita Korea yang memilih menikah, dapat dikatakan sudah menisbatkan hidupnya untuk keluarga, konsekuensi terbesar adalah tanpa pembantu, ia harus siap menjalani aktivitas rumah tangga, melakukan household, dan membesarkan putra-putrinya. Budaya pria Korea dahulu dan sekarang sudah cukup berbeda, dahulu, para suami tidak mau membantu istrinya mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mereka berpikir, itu adalah tugas sepenuhnya sang istri. Namun saat ini, sediki-sedikit mulai berubah, walaupun masih banyak ditemukan situasi seperti pemikiran diatas, sehingga dapat dibayangkan tanggung jawab yang dipikul seorang istri di Korea. Syukurlah di Indonesia pemikiran seperti ini tidak mendominasi pemikiran para pria, banyak kutemui para bapak, membantu istrinya memandikan anak mereka, mencuci piring sisa makanan, dan hal lainnya.
Dari segi pendidikan, para ajumma saat ini mayoritas berpendidikan S1, bahkan tak jarang ku temui para ajumma yang telah menyandang gelar S2 dan melanjutkan ke S3. Apakah mereka dosen? Bukan, mereka hanya wanita yang menikah dan tetap bekerja menjalankan karirnya.

Bagi ajumma yang kujelaskan diatas, dapat terlihat bahwa potensi seorang wanita tidak berakhir sesaat mereka berkeluarga. Namun, banyak juga kutemui, para ajumma tidak memiliki informasi yang lebih terhadap kondisi diluar Korea dan terhadap multikultur yang saat ini ada. Lihat saja saat mereka bertemu dengan orang asing, banyak kutemui sebagian besar mereka takjub melihat perbedaan yang ada pada orang asing, baik itu perbedaan wajah, tinggi badan, bahasa, maupun perbedaan style dalam berpakaian. Hal yang kurang nyaman bagi orang asing di Korea (khususnya yang bukan di kota besar), ajumma akan melihat perbedaan tersebut, dimulai dari ujung rambut, hingga ujung kaki, bahkan tak jarang saat orang asing tersebut sudah berlalu, ajumma masih saja melihat dengan takjub ke arahnya.

Dalam kondisiku sebagai “orang asing” (aih gaya betul, dan bukan bule pastinya), ajumma tidak segan-segan untuk diam, berhenti sejenak, mendekat ke arahku, dan duduk disampingku, hanya untuk menanyakan style berpakaian.
Dimulai dari pertanyaan ini apa? untuk apa? dari mana? setiap hari seperti ini?
Empat pertanyaan ini termasuk dalam empat pertanyaan terfavorit yang kerap kali ditanyakan.

“Ah, ini dia waktuku memperkenalkan Islam kepada wanita disini,” inilah yang selalu muncul di benakku dan membuatku tidak bosan saat pertanyaan-pertanyaan diatas menghampiri. Ada pertanyaan favorit tambahan jika musim panas (여름) tiba, yaitu “itu kan panas! kenapa musim panas seperti ini menggunakan pakaian seperti itu?”.
Lagi-lagi aku mulai dengan tersenyum, dan berkata, “tidak apa-apa (괜찮아요)” , jika sang ibu mendekat, duduk, dan bertanya lebih jauh barulah kujelaskan hal-hal sederhana.

Itulah para wanita disini, AJUMMA, mereka memiliki banyak sekali kelebihan, namun disisi lain, mereka pun masih minim dari sisi informasi, terlebih lagi terkait dengan multikultur, dalam hal ini kehadiran Islam dan para pemeluknya. Menjadi daya tarik tersendiri untuk mengambil pelajaran baik dari para ajumma di sini dan lebih ‘mendekat’ kepada mereka.

” Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin; hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Hal itu agar mereka lebih mudah dikenal dan karena itu mereka tidak diganggu”
(Q. Al-Ahzab: 59)

Barbe-Qu (Bareng-bareng Baca Qur’an yuks..)

April 20, 2009 at 7:33 am | Posted in Kajian | Leave a comment

sahabat, masih ingat dengan kata-kata bijak yang mengatakan

jangan pernah puas dalam hal menuntut ilmu.. dan jangan pernah malu dalam menuntut ilmu”

PPM (pemberdayaan dan pemuliaan muslimah) IMUSKA, kembali mengajak sabat semua untuk kembali bergiat menuntut ilmu, khususnya lagi yaitu menuntut ilmu tentang Alquran, kali ini bagian yang akan dipelajari adalah mengenai kaidah membaca ilmu Alquran dilengkapi dengan ilmu tahsin maupun tajwid.

Program yang dinamakan Barbequ (bareng-bareng baca Qur’an yuks..) diadakan satu kali setiap bulan, pertemuan serupa taklim berjumpa dengan sahabat muslimah lainnya, belajar, sekaligus bercengkerama(atau mungkin bisa barbeque beneran ;) ), semakin menjadi penyemangat dalam kegiatan rutin 1 bulanan ini.

al-quran

Barbequ memiliki cabang di 2 kota besar, Seoul (yang sebelumnya selalu rutin diadakan di Masjid Itaewon namun akan berpindah lokasi dalam bulan ini) dan Busan (yang selalu rutin diadakan di Masjid Busan).

so?don’t thinks so long.. preparing your self and take this chance.. ;)

Info lebih lengkap, silakan tunggu postingan berikutnya..

~salam hangat & amp;ukhuwah~ PPM IMUSKA

~Kursus Bahasa Arab Online~

April 15, 2009 at 12:44 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sering dengar kata-kataane kan udah bilang, ente harus parkir itu mobil di tempatnya” or akhi, kaifahaluk?ane baik alhamdulillah”,

ayo coba ditebak atau cara ilmiahnya, dianalisis,apakah penggunaan bahasa Arab di percakapan tersebut benar?

Sahabat Muslimah, PPM IMUSKA kembali hadir dengan menu baru. :D menu diimpor dari Arab, tapi dikemas ala Indonesia :)

Kursus Bahasa Arab Online,

Insya4WI hadir  setiap minggu di hari Rabu, Pukul 15.00 KST (13.00WIB)

Bagi sahabat muslimah yang ingin berpartisipasi, silakan mengirimkan email berisi biodata (nama, alamat di Indonesia&Korea/negara lain, Aktivitas saat ini, Lokasi aktivitas(nama universitas/tempat kerja), no tlp/hp, ID YM, Id SKYPE), ke ppm.imuska@yahoo.com.

Semoga menu baru ini dapat makin memperkaya pilihan kita untuk menimba ilmu, dan kami tunggu kehadiran sahabat di menu-menu PPM IMUSKA :D

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

Undangan :Seminar Keluarga Online

April 15, 2009 at 8:35 am | Posted in Kajian | Leave a comment
Tags:

PPM (pemberdayaan dan pemuliaan muslimah) bekerja sama dengan divisi dakwah IMUSKA mengundang sahabat semua untuk berpartisipasi dalam acara “seminar online IMUSKA”.

Kali ini kami hadir dengan tema seputar keluarga yang Insya4WI bermanfaat bagi mereka yang telah berkeluarga (untuk menjaga keseimbangan dan kebahagiaan dalam keluarga), maupun yang belum berkeluarga (guna memperkaya ilmu dan sharing pengalaman sebelum berkeluarga)  yang kesemuanya semoga akhirnya akan terwujud

keluaraga yang sakinnah, mawaddah warrahmah dan menjadikan baiti jannati..    rumahku adalah syurgaku..

kali ini tema yang akan diangkat adalah:

Mensinergikan Peran Istri dan Suami dalam Membentuk

Keluarga SAMARA

Pembicara: Ust Sholeh Dreheim, LC

Ketua Ikatan Da’i Indonsia (IKADI) Jawa Timur

Seminar kali ini akan diadakan pada :

Apr 24, ’09

Pukul : 21.00 KST (19.00 WIB)

Ruang SKYPE dan radio IMUSKA : (http://imuska.org)

Untuk diskusi dan tanya jawab, silahkan bergabung
dengan chat room,
YM Id : imuska@ymail.com

;) ~kami tunggu kehadiran sahabat sekalian~ ;)


~Hanguko-Joa~Kursus Bahasa Korea Online

April 15, 2009 at 8:21 am | Posted in Uncategorized | 30 Comments
Tags:

Assalamu’alaikum Wr.Wb

apa kabarnya Sahabat muslimah hari ini? khususnya sahabat muslimah Indonesia yang saat ini sedang berada di Korea? Semoga kemudahan, kebahagiaan dan rasa penuh ukhuwah selalu mewarnai hari-hari kita selama di “merantau” di negeri ginseng ini..

Alhamdulillah, PPM IMUSKA (Pemberdayaan, Pemuliaan Muslimah IMUSKA), telah menjalankan satu program khusus yang dirancang untuk memudahkan kita beradaptasi di Korea ini, yaitu dengan mengadakan kursus bahasa Korea Online (Hangu0-Joa). Hingga hari ini pertemuan telah dilaksanakan selama empat kali dan telah membahas mengenai hangul 항글 (alphabet korea), cara membaca kata dan kalimat, grammar, serta hal yang lebih mudah diimplementasikan, yaitu percakapan-percakapan sehari-hari.

Hanguko-Joa ini diadakan online via SKYPE, dua minggu sekali, setiap hari

Selasa, Pk 21.00 KST (19.00 WIB) hingga 22.00 KST (20.00 WIB).

Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi diprogram ini, silakan mengirimkan email biodata:

(nama, alamat (di Korea dan Indonesia), aktivitas saat ini, tempat beraktivitas (nama Universitas/tempat kerja), No tlp/hp, id YM dan ID SKYPE))

ke : hanguko_joa@yahoo.com

Semoga program PPM IMUSKA ini dapat memberikan kemudahan bagi kita sekaligus sebagai wadah silaturahim, sehingga akan semakin mempererat ukhuwah di antara kita :D

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Sajoer-Majoer

December 17, 2008 at 2:12 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Ditimpuk PR sama seorang teman, disuruh bikin laporan tentang manfaat sayur bagi wanita, setelah gugling sana-sini dan kopipes atas-bawah, ini dia hasilnya.

 

Semoga berguna ya…

 

Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya karoten (provitamin A) yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan karotennya.

Vitamin A yang terkandung dalam sayur-sayuran hijau juga sangat penting bagi kesehatan kulit, kelenjar, serta fungsi mata. Wanita menyusui berusia 19 tahun keatas dianjurkan mengkonsumsi 1,300 mcg vitamin A per hari. ASI merupakan sumber terbaik bagi bayi dalam hal penyediaan vitamin A dan karoten. Vitamin A juga dapat ditemukan dalam sayuran dan buah berwarna merah dan kuning, seperti tomat dan jeruk. Selain vitamin A, tentu terdapat juga vitamin B lengkap, kecuali vitamin B 12 yang memang tidak ditemukan pada tumbuhan.

 

Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes, terutama bagi wanita. Sayuran yang berwarna hijau tua diantaranya adalah kangkung, daun singkong, daun katuk, daun papaya, genjer dan daun kelor.

 

Termasuk ke dalam golongan sayur berwarna hijau adalah asparagus, buncis, brokoli, daun selada, daun bawang, daun katuk, kacang polong, kacang kapri, kacang panjang, kol hijau, mentimun, labu siam, oyong, paprika hijau, sawi, seledri, dan lainnya.

Kacang polong, misalnya, merupakan sumber vitamin B6 yang baik, dimana Vitamin B6 ini membantu penyerapan protein dan meningkatkan fungsi syaraf. Oleh karena kebutuhan protein meningkat selama menyusui, wanita menyusui  memerlukan lebih banyak vitamin B6, yaitu sebesar 2,0 mg per hari. Selain itu, kacang polong melalui glutathione yang dimilikinya juga mempunyai peran penting dalam  sintesa dan perbaikan DNA, dan juga detoksifikasi beberapa bahan berbahaya.

 

Dari daun-daun hijau tersebut kita juga mendapatkan asam folat yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel secara normal. Wanita menyusui harus mengkonsumsi 500 mcg asam folat setiap hari. Selain dari daun-daun hijau, asam folat juga didapatkan dalam hati, jeruk, dan semangka.

 

Kita juga bisa mendapatkan besi yang diperlukan terutama untuk pembentukan sel darah merah, dari sayuran hijau. Keberadaan vitamin C akan membantu penyerapan besi. Wanita pada umumnya membutuhkan 15 sampai 18 mg zat besi setiap hari, 27 sampai 30 mg pada saat hamil, 9 mg saat menyusui, dan antara 8-10 mg setelah menopause.

Selain besi, zinc yang berperan penting dalam berbagai reaksi enzim dan daya tahan tubuh juga bisa didapatkan dari sayuran hijau. Untuk wanita usia subur dianjurkan paling sedikit 9,3-15,4 mg perhari.

 

Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu  melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

Serat makanan adalah berupa karbohidrat yang tidak dapat diserap, juga dapat ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Asupan serat yang cukup dapat mencegah timbulnya masalah saluran cerna seperti kanker usus dan divertikulosis usus.

Kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi juga ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Diketahui bahwa kalsium dibutuhkan 1000 mg perhari oleh wanita usia subur dan 1200 mg bagi wanita yang sudah menopause. Vitamin D membantu penyerapan kalsium.
 

 

Selain sayuran berwarna hijau, buah dan sayur berwarna merah pun mengandung zat-zat penting bagi tubuh, mulai dari vitamin hingga antioksidan menyehatkan seperti lycopene dan anthocyanins. Dua antikosidan ini mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit degeneratif seperti sakit jantung, kanker prostat, stroke dan lainnya.
Seperti red peper yang merupakan sumber vitamin A yang fenomenal. Manfaatnya akan terasa bagi perawatan kulit, tulang dan gigi. Banyak yang tidak tahu bahwa sayur ini juga mengandung vitamin C sebanyak jeruk. Bit, sayuran yang berasal dari umbi ini, juga memiliki banyak kandungan berharga seperti folat, lycopene dan anthocyanins.

 

Sementara itu, mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna biru atau ungu seperti asparagus ungu, kol ungu, dan terong akan membantu untuk menurunkan resiko beberapa jenis kanker, menjaga kesehatan saluran kemih, menjaga fungsi ingatan, dan berguna untuk pertambahan usia secara sehat.

Konsumsi buah dan sayuran berwarna putih, kecoklatan, dan coklat seperti kembang kol, bawang putih, bawang bombay, jamur, lobak, talas, dan ubi putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga tingkat kolesterol yang sudah baik, serta menurunkan resiko sejumlah jenis kanker.

Seperti kol putih yang mengandung isothiocyanates, senyawa kimia yang menurut riset di laboratorium sanggup menghancurkan formasi tumor.

Sayuran berwarna kuning atau oranye seperti jagung dan labu parang, selain baik untuk kesehatan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh, juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan sayuran berwarna lainnya.

 

Bagi wanita, mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah, dan makanan mengandung protein sebelum kehamilan akan menurunkan risiko leukimia pada anak mereka, serta kanker pada masa kanak-kanak.

 

Bayam

Bayam sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang secara luas dikenal kaya akan serat, vitamin, beta karoten, berbagai mineral termasuk zat besi, ternyata juga memiliki kandungan protein yang tinggi pada daun maupun bijinya.
Kandungan mineral dalam bayam cukup tinggi, terutama Fe yang dapat digunakan untuk mencegah kelelahan akibat anemia. Karena kandungan Fe dalam bayam cukup tinggi, ditambah kandungan Vitamin B terutama asam folat, zaman dahulu bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan melahirkan. Baik mineral Fe atau asam folat berhubungan dengan produksi darah sehingga saat melahirkan, persediaan dalam tubuh cukup. Karena seperti yang kita ketahui, melahirkan akan mengeluarkan sangat banyak darah dan memungkinkan sang ibu kehabisan darah. Selain itu bayam juga baik dikonsumsi oleh wanita pada saat haid.

Tak hanya itu, kandungan asam oksalat dan asam folat juga membuat sayur bayam dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Misalnya mengobati eksim, asma, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala dan rambut, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah sakit pada gusi. Tetapi manfaat yang besar adalah untuk mengobati rasa lesu, letih, dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah atau anemia.

Bayam juga sangat baik sebagai sumber protein, terutama asam amino yang sangat penting untuk pembentukan otak.
Bayam aman untuk dikonsumsi sebanyak apapun tanpa ada pengaruh kolesterol. Lemak yang terdapat dalam bayam juga termasuk lemak yang jenisnya baik, yaitu lemak tak jenuh. Vitamin dalam bayam sangat penting, misalnya vitamin A yang bagus untuk mata serta mempertahankan daya tahan tubuh, sehingga orang tak mudah terserang penyakit. Vitamin C dan E untuk antioksidan sehingga bagi yang rajin mengkonsumsi bayam, bisa memiliki kulit yang halus. Selain itu, antioksidan juga mampu mencegah radikal bebas. Kemudian posfor dapat dimanfaatkan untuk pembentukan tulang dan gigi.
 

 

Brokoli

- Memperkecil resiko terjadinya kanker kerongkongan, perut, usus besar, paru, larynx, parynx, prostat, mulut dan payudara.

- Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan stroke, mengurangi resiko terkena katarak, membantu melawan anemia.

- Mengurangi resiko terkena spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan tulang belakang).

 

Peneliti di John Hopkins University di Baltimore, AS, menemukan penyedia anti kanker yang baru. Dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa tunas brokoli yang masih muda memiliki zat antikanker yang disebut sulforaphane glucosinolate (SGS). Ini sangat berguna untuk mencegah kanker pada payudara dan usus besar kita.
Zat SGS yang dikandung brokoli muda ini 50 kali lebih kuat ketimbang yang dikandung brokoli yang sudah matang.

 

Cabai

Cabai rawit banyak mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A), lebih daripada buah-buahan seperti mangga, nanas, pepaya dan semangka. Bahkan kadar mineralnya terutama kalsium dan fosfor, mengunguli ikan segar. Cabai hijau dan paprika memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi.

Zat yang membuat cabai terasa pedas adalah kapsaisin yang tersimpan dalam urat putih cabai, tempat melekatnya biji. Fungsi lain dari kapsaisin adalah mengencerkan lendir sehingga melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk sinusitis. Kapsaisin juga bersifat antikoagulan dengan cara menjaga darah supaya tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Itu berarti juga memperkecil kemungkinan menderita serangan stroke, jantung koroner dan impotensi.

 

Daun Katuk

Tidak hanya sebagai pelancar ASI daun katuk juga kaya senyawa yang dapat menggenjot mutu dan jumlah sperma, termasuk membangkitkan vitalitas seksual. Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat. Jika dikonsumsi wanita, senyawa aktif dalam daun katuk akan memacu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga kulit menjadi halus. Rambut lebih sehat dan lembut.

 

Daun Selada

- Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke.

- Mengurangi resiko terjadinya kanker.

- Mengurangi resiko terkena katarak.

- Membantu mengurangi resiko spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan pada tulang belakang).

- Membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.

- Mengurangi gangguan anemia.

- Membantu meringankan insomnia (sulit tidur) karena ketegangan syaraf.

 

Kemangi

Kemangi

Kemangi juga dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tanaman ini menyegarkan, menghilangkan bau badan dan bau mulut. Tanaman beraroma wangi ini mengandung arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Daya tahan hidup sperma penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron berperan merangsang hormon androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang. Kedua hormon ini besar perannya dalam sistem reproduksi wanita.

 

Paprika

- Sebagai antioksidan.

- Menurunkan kolesterol.

- Mengatur suhu tubuh.

- Mengobati infeksi hidung dan tenggorokan.

- Menurunkan kadar gula dalam darah.

- Mengobati luka, memar dan keseleo.

- Menumbuhkan rambut.

 

Pare

Pare mengandung kadar betakaroten dua kali lipat lebih banyak dari brokoli. Pare juga mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk membasmi sel kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

Kadar kalsium pare juga tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi maka kemungkinan kadar glukosa vmembanjir dapat dicegah, sehingga kadar gula darah menjadi normal atau terkontrol.

Khasiat pare lainnya yaitu, kandungan senyawa fitokimia lutein dan likopennya berkhasiat sebagai antikanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus.

Namun, wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi pare karena buah ini mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.

 

Pegagan

Di kenal juga sebagai antanan, pegagan adalah tanaman merambat yang sering dimakan sebagai lalapan segar, terutama di Jawa Barat. Pegagan mengandung madecocassosida yang dapat memacu produksi kolagen, di mana kolagen ini sangat besar perannya dalam regenerasi sel kulit termasuk sel telur (ovum) pada wanita dan sel sperma pada pria.

Pegagan juga mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan. Karoten juga menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Khasiat lain dari pegagan adalah anti infeksi, antitoksik, penurun panas, peluruh air seni, mengobati luka dan keloid, varises dan hemoroid (ambeien), serta antilepra.

 

Seledri

Berkhasiat tonik, seledri memacu enzim pencernaan, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, peluruh kencing, peluruh haid, peluruh kentut, menurunkan asam urat, membersihkan darah.

Perannya dalam sistem reproduksi karena seledri mampu memperbaiki fungsi hormonal yang terganggu, seperti nyeri haid, haid tidak teratur, ataupun haid terlalu banyak.

Daun seledri kaya senyawa minyak atsiri, kalsium, besi dan magnesium. Daun tanaman ini juga kaya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Setiap 100 gram daun seledri segar terkandung 130IU vitamin A dan 15 mg vitamin C. Vitamin A dan vitamin C dikenal sebagai antioksidan cukup kuat. Serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur dapat dihambat oleh kedua vitamin ini.

 

Tomat

- Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.

- Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).

- Mengurangi resiko radang usus buntu.

- Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

- mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Selain itu juga ditemukan bahwa gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakan.

- Keisitimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, leher rahim, payudara, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker.
- Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan.

- Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan  luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

- Disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus, tomat juga bisa menyembuhkan gusi berdarah. Ambil tomat segar dan cuci bersih, lalu makanlah.

 

Wortel

Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi anti kanker, gula alamiah (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltosa), pektin, glutanion, mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, amgnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B1, dan C) serta asparagine. Beta Karotennya merupakan anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker (terutama kanker paru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih dan kanker cervix) serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.
Jika tubuh memerlukan vitamin A maka beta karoten di hati akan diubah menjadi vitamin A. Fungsi vitamin A dapat mencegah buta senja, mempercepat penyembuhan luka dan mempersingkat lamanya sakit campak. Mengkonsumsi wortel yang dikukus sebentar akan memperbesar penyerapan beta karoten. Wortel juga
membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah konstipasi atau kesulitan buang air, serta membantu meningkatkan ketahanan terhadap keracunan makanan.

 

 

Pesan saat Iblis terpaksa mengunjungi Rasulullah

September 23, 2008 at 5:27 am | Posted in Sirah | 2 Comments
Tags:

Iblis Terpaksa bertamu kepada Rasulullah SAW

dari Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas:

Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba – tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah: “Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku. “

Rasulullah bersabda:”Tahukah kalian siapa yang memanggil?

Kami menjawab: “Allah dan rasulNya yang lebih tahu..

Beliau melanjutkan, “itu iblis, laknat Allah bersamanya.”

Umar bin Khattab berkata: “izinkan aku membunuhnya wahai Rasulullah

Nabi menahannya:”Sabar wahai Umar, bukankah kamu tahu bahwa Allah memberinya kesempatan hingga hari kiamat? Lebih baik bukakan pintu untuknya, sebab dia telah diperintahkan untuk ini, pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengarkan dengan baik.

Ibnu Abbas RA berkata: pintu lalu dibuka, ternyata dia seperti seorang kakek yang cacat satu matanya. Di janggutnya terdapa 7 helai rambut seperti rambut kuda, taringnya terlihat seperti taring babi, bibirnya seperti bibir sapi.

Iblis berkata: “Salam untukmu Muhammad,… . Salam untukmu para hadirin…

Rasulullah SAW lalu menjawab: “Salam hanya milik Allah SWT, sebagai mahluk terlaknat, apa keperluanmu?

Iblis menjawab: “Wahai Muhammad, aku datang ke sini bukan atas kemauanku, namun karena terpaksa.

Siapa yang memaksamu?

Seorang malaikat utusan Allah mendatangiku dan berkata:
Allah SWT memerintahkanmu untuk mendatangi Muhammad sambil menundukkan diri. Beritahu Muhammad tentang caramu dalam menggoda manusia. Jawablah dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Allah, andai kau berdusta satu kali saja, maka Allah akan jadikan dirimu debu yang ditiup angin.
Oleh karena itu aku sekarang mendatangimu. Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan. Jika aku berdusta, aku akan dicaci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku daripada cacian musuh.

Orang Yang Dibenci Iblis

Rasulullah SAW lalu bertanya kepada Iblis: “Kalau kau benar jujur, siapakah manusia yang paling kau benci?”

Iblis segera menjawab: “ Kamu, kamu dan orang sepertimu adalah mahkluk Allah yang paling aku benci.”

Siapa selanjutnya?

“Pemuda yang bertakwa yang memberikan dirinya mengabdi kepada Allah SWT.”

lalu siapa lagi?

Orang Aliim dan wara’ (Loyal)”

Lalu siapa lagi?

Orang yang selalu bersuci.

Siapa lagi?

Seorang fakir yang sabar dan tak pernah mengeluhkan kesulitannnya kepada orang lain.

“Apa tanda kesabarannya?

Wahai Muhammad, jika ia tidak mengeluhkan kesulitannya kepada orang lain selama 3 hari, Allah akan memberi pahala orang - orang yang sabar.

Selanjutnya apa?

Orang kaya yang bersyukur.

apa tanda kesyukurannya?”

“Ia mengambil kekayaannya dari tempatnya, dan mengeluarkannya juga dari tempatnya.”

“Orang seperti apa Abu Bakar menurutmu?


“Ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam Islam.

Umar bin Khattab?”

“Demi Allah, setiap berjumpa dengannya aku pasti kabur.

Usman bin Affan?

Aku malu kepada orang yang malaikat pun malu kepadanya.”

Ali bin Abi Thalib?

Aku berharap darinya agar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskanku dan aku melepaskannya. Tetapi ia tak akan mau melakukan itu.” (Ali bin Abi Thalib selau berdzikir terhadap Allah SWT)

Amalan Yang Dapat Menyakiti Iblis

“Apa yang kau rasakan jika melihat seseorang dari umatku yang hendak shalat?

Aku merasa panas dingin dan gemetar.

Kenapa?

Sebab, setiap seorang hamba bersujud 1x kepada Allah, Allah mengangkatnya 1 derajat.

“Jika seorang umatku berpuasa?

Tubuhku terasa terikat hingga ia berbuka.”

Jika ia berhaji?

Aku seperti orang gila.

“Jika ia membaca al-Quran?

Aku merasa meleleh laksana timah di atas api.

Jika ia bersedekah?

“Itu sama saja orang tersebut membelah tubuhku dengan gergaji
.”

mengapa bisa begitu?

sebab dalam sedekah ada 4 keuntungan baginya. yaitu keberkahan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu kelak akan menjadi hijab antara dirinya dengan api neraka dan segala macam musibah akan terhalau dari dirinya.

apa yang dapat mematahkan pinggangmu?

suara kuda perang di jalan Allah.

Apa yang dapat melelehkan tubuhmu?

taubat orang yang bertaubat.

apa yang dapat membakar hatimu?

istighfar di waktu siang dan malam.”

Apa yang dapat mencoreng wajahmu?”

“sedekah yang diam – diam.

Apa yang dapat menusuk matamu?

Shalat fajar.

Apa yang dapat memukul kepalamu?

Shalat berjamaah.”

Apa yang paling mengganggumu?

Majelis para ulama.

bagaimana cara makanmu?

dengan tangan kiri dan jariku.

dimanakah kau menaungi anak – anakmu di musim panas?

di bawah kuku manusia.”

Manusia Yang Menjadi Teman Iblis

Nabi lalu bertanya : “Siapa temanmu wahai Iblis?

Pemakan riba.

Siapa sahabatmu?

“Pezina.

Siapa teman tidurmu?

Pemabuk.”

Siapa tamumu?

Pencuri.

Siapa utusanmu?

Tukang sihir.

“Apa yang membuatmu gembira?

Bersumpah dengan cerai.”

Siapa kekasihmu?

Orang yang meninggalkan shalat jumaat

Siapa manusia yang paling membahagiakanmu?

orang yang meninggalkan shalatnya dengan sengaja
.”

Iblis Tidak Berdaya Di hadapan Orang Yang Ikhlas

Rasulullah SAW lalu bersabda : “Segala puji bagi Allah yang telah membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu.

Iblis segera menimpali:” tidak, tidak… tak akan ada kebahagiaan selama aku hidup hingga hari akhir.
Bagaimana kau bisa berbahagia dengan umatmu, sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah mereka dan mereka tak bisa melihatku.
Demi yang menciptakan diriku dan memberikan ku kesempatan hingga hari akhir, aku akan menyesatkan mereka semua.
Baik yang bodoh, atau yang pintar, yang bisa membaca dan tidak bisa membaca, yang durjana dan yang shaleh, kecuali hamba Allah yang ikhlas
.”

Siapa orang yang ikhlas menurutmu?”

Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahwa barang siapa yang menyukai emas dan perak, ia bukan orang yang ikhlas. Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan dirham, tidak suka pujian dan sanjungan, aku bisa pastikan bahwa ia orang yang ikhlas, maka aku meninggalkannya. Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh padaku.

Iblis Dibantu oleh 70.000 anak – anaknya

Tahukah kamu Muhammad, bahwa aku mempunyai 70.000 anak. Dan setiap anak memiliki 70.000 syaithan.

Sebagian ada yang aku tugaskan untuk mengganggu ulama. Sebagian untuk menggangu anak – anak muda, sebagian untuk menganggu orang - orang tua, sebagian untuk menggangu wanita – wanita tua, sebagian anak -anakku juga aku tugaskan kepada para Zahid.

Aku punya anak ynag suka mengencingi telinga manusia sehingga ia tidur pada shalat berjamaah. Tanpanya, manusia tidak akan mengantuk pada waktu shalat berjamaah.

Aku punya anak yang suka menaburkan sesuatu di mata orang yang sedang mendengarkan ceramah ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya terhapus.

Aku punya anak yang senang berada di lidah manusia, jika seseorang melakukan kebajikan lalu ia beberkan kepada manusia lainnya, maka 99% pahalanya akan terhapus.

Pada setiap seorang wanita yang berjalan, anakku dan syaithan duduk di pinggul dan pahanya, lalu menghiasinya agar setiap orang memandanginya.

Syaithan juga berkata,”keluarkan tanganmu”, lalu ia mengeluarkan tangannya lalu syaithan pun menghiasi kukunya..

mereka, anak – anakku selalu meyusup dan berubah dari satu kondisi ke kondisi lainnya, dari satu pintu ke pintu yang lainnya untuk menggoda manusia hingga mereka terhempas dari keikhlasan mereka.

Akhirnya mereka menyembah Allah tanpa ikhlas, namun mereka tidak merasa.

Tahukah kamu, Muhammad? Bahwa ada rahib yang telah beribadat kepada Allah selama 70 tahun. Setiap orang sakit yang didoakan olehnya, sembuh seketika. Aku terus menggodanya hingga ia berzina, membunuh dan kufur.

Cara Iblis Menggoda

Tahukah kau Muhammad, dusta berasal dari diriku?

Akulah mahluk pertama yang berdusta.

Pendusta adalah sahabatku. Barangsiapa bersumpah dengan berdusta, ia kekasihku.

Tahukah kau Muhammad?

Aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama Allah bahwa aku benar – benar menasihatinya.

Sumpah dusta adalah kegemaranku.

Ghibah(gosip) dan Namimah(Adu domba) kesenanganku.

Kesaksian palsu kegembiraanku.

Orang yang bersumpah untuk menceraikan istrinya ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali dan walaupun ia benar. Sebab barang siapa membiasakan dengan kata – kata cerai, isterinya menjadi haram baginya. Kemudian ia akan beranak cucu hingga hari kiamat. Jadi semua anak – anak zina dan ia masuk neraka hanya karena satu kalimat, CERAI.

Wahai Muhammad, umatmu ada yang suka mengulur ulur shalat. Setiap ia hendak berdiri untuk shalat, aku bisikan padanya waktu masih lama, kamu masih sibuk, lalu ia manundanya hingga ia melaksanakan shalat di luar waktu, maka shalat itu dipukulkannya ke mukanya.

Jika ia berhasil mengalahkanku, aku biarkan ia shalat. Namun aku bisikkan ke telinganya ‘lihat kiri dan kananmu’, iapun menoleh. pada saat iatu aku usap dengan tanganku dan kucium keningnya serta aku katakan ‘shalatmu tidak sah’

Bukankah kamu tahu Muhammad, orang yang banyak menoleh dalam shalatnya akan dipukul.

Jika ia shalat sendirian, aku suruh dia untuk bergegas. Ia pun shalat seperti ayam yang mematuk beras.

Jika ia berhasil mengalahkanku dan ia shalat berjamaah, aku ikat lehernya dengan tali, hingga ia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya sebelum imam..

Kamu tahu bahwa melakukan itu batal shalatnya dan wajahnya akan dirubah menjadi wajah keledai.

Jika ia berhasil mengalahkanku, aku tiup hidungnya hingga ia menguap dalam shalat. Jika ia tidak menutup mulutnya ketika mnguap, syaithan akan masuk ke dalam dirinya, dan membuatnya menjadi bertambah serakah dan gila dunia.

Dan ia pun semakin taat padaku.

Kebahagiaan apa untukmu, sedanga aku memerintahkan orang miskin agar meninggalkan shalat. Aku katakan padaknya, ‘kamu tidak wajib shalat, shalat hanya wajib untuk orang yang berkecukupan dan sehat. orang sakit dan miskin tidak, jika kehidupanmu telah berubah baru kau shalat.’

Ia pun mati dalam kekafiran. Jika ia mati sambil meninggalkan shalat maka Allah akan menemuinya dalam kemurkaan.

Wahai Muhammad, jika aku berdusta Allah akan menjadikanku debu.

Wahai Muhammad, apakah kau akan bergembira dengan umatmu padahal aku mengeluarkan seperenam mereka dari islam?

10 Permintaan Iblis kepada Allah SWT

berapa yang kau pinta dari Tuhanmu?”

10 macam

apa saja?”

Aku minta agar Allah membiarkanku berbagi dalam harta dan anak manusia, Allah mengizinkan. Allah berfirman, “berbagilah dengan manusia dalam harta dan anak. dan janjikanlah mereka, tidaklah janji setan kecuali tipuan..” (QS Al-Isra :64)

Harta yang tidak dizakatkan, aku makan darinya. aku juga makan dari makanan haram dan yang bercampur dengan riba, aku juga makan dari makanan yang tidak dibacakan nama Allah.

Aku minta agar Allah membiarkanku ikut bersama dengan orang yang berhubungan dengan istrinya tanpa berlindung dengan Allah, maka setan ikut bersamanya dan anak yang dilahirkan akan sangat patuh kepada syaithan.

Aku minta agar bisa ikut bersama dengan orang yang menaiki kendaraan bukan untuk tujuan yang halal.

Aku minta agar Allah menjadikan kamar mandi sebagai rumahku.

Aku minta agar Allah menjadikan pasar sebagai masjidku.

Aku minta agar Allah menjadikan syair sebagai Quranku.

Aku minta agar Allah menjadikan pemabuk sebagai teman tidurku.

Aku minta agar Allah memberikanku saudara , maka Ia jadikan orang yang membelanjakan hartanya untuk maksiat sebagai saudaraku.

Allah berfirman, “Orang - orang boros adalah saudara – saudara syaithan. ” (QS Al-Isra : 27)

Wahai Muhammad, aku minta agar Allah membuatku bisa melihat manusia sementara mereka tidak bisa melihatku.

dan aku minta agar Allah memberiku kemampuan untuk mengalir dalam aliran darah manusia.

Allah menjawab, “silahkan”, aku bangga dengan hal itu hingga hari kiamat. Sebagian besar manusia bersamaku di hari kiamat.

Iblis berkata : “wahai Muhammad, aku tak bisa menyesatkan orang sedikitpun, aku hanya bisa membisikan dan menggoda.”

jika aku bisa menyesatkan, tak akan tersisa seorangpun.

sebagaimana dirimu, kamu tidak bisa memberi hidayah sedikitpun, engkau hanya rasul yang menyampaikan amanah.

jika kau bisa memberi hidayah, tak akan ada seorang kafir pun di muka bumi ini.

kau hanya bisa menjadi penyebab untuk orang yang telah ditentukan sengsara.

Orang yang bahagia adalah orang yang telah ditulis bahagia sejak di perut ibunya. dan orang yang sengsara adalah orang yang telah ditulis sengsara semenjak dalam kandungan ibunya.

Rasulullah SAW lalu membaca ayat :”mereka akan terus berselisih kecuali orang yang dirahmati oleh Allah SWT” (QS Hud :118 – 119)
juga membaca, “Sesungguhnya ketentuan Allah pasti berlaku” (QS Al-Ahzab : 38)

Iblis lalu berkata: “wahai Rasul Allah, takdir telah ditentukan dan pena takdir telah kering. Maha Suci Allah yang menjadikanmu pemimpin para nabi dan rasul, pemimpin penduduk surga, dan yang telah menjadikan aku pemimpin mahluk – mahluk celaka dan pemimpin penduduk neraka. Aku si celaka yang terusir, ini akhir yang ingin aku sampaikan kepadamu. Dan aku tak berbohong.


Petikan Hadist – Puasa [1]

September 13, 2008 at 11:35 pm | Posted in Uncategorized | 1 Comment
Tags: , , ,

Berhubung lagi Ramadhan, ini ada petikan hadist mengenai puasa Ramadhan dari buku Hadist Albukhari:

Chapter 35. Book of Fasting

I: The obligation of fasting Ramadan

and the words of Allah Almighty, “You who believe! Fasting is prescribed for you, as it was prescribed for those before you – so that perhaps you will be godfearing.” (2:183)

1792. It is related from Talha ibn ‘Ubaydullah that a bedouin with unkempt hair came to the Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, and said, “Messenger of Allah, tell me what Allah has made obligatory for me in respect of prayer.” He said, “The five prayers unless you want to do some extra voluntary ones.” He said, “Tell me what Allah has made obligatory for me in respect of fasting.” He said, “The month of Ramadan unless you want to do something extra.” He said, “Tell me what Allah has made obligatory for me in respect of zakat.” Talha said, “The Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, informed him about the laws of Islam. He said, ‘By the One who has honoured you, I will not do anything extra nor any less than what Prophet has made obligatory on me.’ The Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, said, ‘If he speaks the truth, he will have success – or he will enter the Garden if he speaks the truth.’”

Petikan Hadist – Latar Belakang

September 13, 2008 at 11:20 pm | Posted in Uncategorized | 2 Comments
Tags: ,

Bismillahirrahmanirrahiim…

Berawal dari ide teman2 muslimah yg mo bikin blog tentang kehidupan di Korea, dan berhubung diriku yang dudul ga jago dalam hal nge-blog, tercetus ide pengen ngasih kontribusi di blog ini nih (Mungkin ada yg masi inget celetukanku di milis masalah posting hadist ato artikel2 yang Islami??). Ditambah latar belakang ga penting lainnya, akhirnya sampailah aku di postingan pertama petikan hadist ini kkkk

Sebelum mulai postingan hadist, mohon diperhatikan klo hadist yang aku posting diambil dari kumpulan hadist shahih yang berasal dari:

  • Hadist Qudsi; atau
  • Hadist Al Bukhari; atau
  • Hadist Sahih Muslim

Jadi insyaAllah sahih yaa. Tiap posting bakal dikasih tag asal hadist, tema hadist, keyword hadist, dll (contoh: Hadist Al Bukhari, Puasa, Pahala). Walopun aku bakal cek dan ricek sebelum posting, tetep mohon monitoring dari saudari2, jeng2, mba2 apabila ada kesalahan di postingan ini ya (beurat euy bebannya kalo salah2).

Tambahan lagi, semua hadist bakal di posting dalam bahasa Inggris krn tidak capable untuk mentranslate ke dalam bahasa indonesia (mohon makluum…^^;;).

Mari kita sama2 mule memperkaya ilmu per-hadist-an kita. See you on the next posting ^~

Wassalamu’alaikum,

Dina

« Previous PageNext Page »

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.