Makanan di Korea, halal kah?

October 19, 2009 at 5:42 am | Posted in halal - haram | 34 Comments
Tags: ,

written by : Primastuti Dewi

Bahan Makanan

15 Oktober 2009
* what is?
– 분말[bunmal] (powder)
– 효모[hyomo] (yeast/ragi)
– 경화유[kyonghwayu] (hardened[hydrogenated] oil)
– 식초[sikcho] (cuka)

halal kah_

* NO/FORBIDDEN :
– 돼지고기[dwejigogi], 돈지[donji] (daging babi)
– 햄[hem] (ham, daging babi olahan)
– 소고기[sogogi], 쇠고기[soegogi], 쇳고기[soetgogi], 비프[bipe] (daging sapi)
– 닭고기[dakgogi], 치킨[chikin] (ayam)
– 동물성[dongmulsong] (hewani)
– 젤라틴[jellatin] (gelatin)

http://id.wikipedia.org/wiki/Gelatin

Biasanya terdapat di snack yang mengandung jeli, marshmalow, dan terkadang di es
krim dan yoghurt. Snack yang mengandung gelatin misalnya :

halal kah_2

* ok :
– 식물성[sikmulsong] (nabati)
– 대두[dedu] (kacang kedelai)
– 래시틴[lesitin] (lesitin)

http://id.wikipedia.org/wiki/Lesitin

- 팜유[phamyu] (minyak kelapa)
– 펙틴[phektin] (pektin)

http://id.wikipedia.org/wiki/Pektin

- 물엿[mulyot] (starch syrup, sirup gula dari biji-bijian)

halal kah_3
* carefull!
– 쇼태닝[syotening] (lemak)

http://en.wikipedia.org/wiki/Shortening

Harus dilihat keterangannya. Kalau ada tulisan 대두/식물성 boleh dimakan, kalau
tidak ada keterangannya diragukan sebaiknya dihindari, misalnya :

halal kah_4

- 주정[jujong] (alkohol/etanol)
Kurang jelas ini alkoholnya hasil fermentasi (seperti pada tape) atau dicampuri
minuman keras.
Biasanya terdapat dalam 떡[tok] (tok / kue beras korea), 간장[kanjang] (kecap asin)
dan lainnya, namun ada juga 떡 atau 간장 yang tidak mengandung 주정.
– 육수[yuksu] (air kaldu)
Kaldu apa harus lihat keterangannya, bisa dari hewan darat atau ikan/binatang laut
– 라면[ramyon] (mi instan)

halal kah_5

Hampir semua mi instan yang dijual di pasaran mengandung sari hewani di dalam
bumbunya. Walaupun bungkusnya bergambar seafood tapi biasanya mengandung
daging yang lain. Misalnya :

halal kah_6

Beberapa pekan lalu dpt kabar ada ramyon yg sdh dpt “sertifikat halal” dr KMF. Keluaran Nong-Sim Co.LTD. Kemasannya warna putih-hijau gambar sayuran dan ada tulisan

채 식주의순 dan ada tulisan No Meat juga.

halal kah_7

*** Artikel ini bukan menjadi fatwa yang halal/haram. Namun ada baiknya kita memperhatikan
makanan yang kita makan. Disini hanya saya tulis bahan makanan yang saya ketahui. Untuk temanteman
yang lebih tahu mungkin bisa dishare juga informasinya.
Hanya Allah yang lebih tahu bahan apa yang mereka pakai. Wallahualam bi shawab.
Semoga bermanfaat : )

About these ads

34 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. assalamualaikum

    mbak saya mau nanya nih, kalau mie korea merek Samyang yg mushroom halal gak ya?
    gak ada kimchi2 nya dan gak ada sari2 hewan gitu..

    selain itu rumput laun buatan korea merek chung jung won, sayasudah baca komposisinya tidak ada sake atau fermentasi lain yg meragukan.. tp just curious.. terima kasih

    mohon dijawab karena saya jadi sangat ragu

    • askum.. maaf,, aku jg pengen tau,, mie instan korea yg merk samyang tu halal pa nggak ya?? kmaren aku liat ada dijual di supermarket,, kelihatanny enak,, tapi aku gak jadi beli,, krena masi ragu kehalalanny.. thx jawabanny..

      • Pak Jack dan P Iwan, lebih amannya bisa dilihat ingredient yang tercantum di kemasannya. Kalau ada yang bahan2 yg meragukan sprti artikel di atas mungkin perlu dipertimbangkan. Ok, smg kita semua terhindar dari makanan yang haram
        Wassalam

  2. salam…
    saya adalah seorang muslim juga yang mempunyai keraguan terhadap barang makanan di korea samada halal atau tidak. baru-baru ini rakan saya diorea telah mengahantar makanan kepada saya, jadi saya inin memngetahui adakah rice cracker ini halal? Ini linknya:

    http://www.alibaba.com/product-free/11797143/Mammos_Rice_Cracker_GH_KT_527_.html

    dan juga snek ini;

    http://www.dvdheaven.com/product/product_detail_food.php?idx=28053

    saya juga telah upload bahagian belakang snek ini:

    lagi 1, adakah sora(shell) makanan korea ini halal dimakan?
    harap dapat menjawab pertanyaan saya ini.

  3. saya pengen jual ramen korea, ramen yang kira2 bagus da halal apa ya?

  4. Klau kimchi halal gak ???

    • Setau saya, kimchi terbuat dari sayur2an *sebagian besar seperti itu*, jadi mudah2an halal. Selama saya di Korea, saya belum pernah menemui kimchi yang terbuat dari non-sayur.
      Wallahu’alam :)

      • tapi gak bisa langsung yakinbahwa itu halal,krna kalau brbicara halal haram, bukan hanya dari bahan baku mkanan itu sj, tp yg lainnya juga, misalnya bumbunya, apakah bumbux brasal dri kaldu hewani, hewan apa yg di ambil, dan cara pnyembelihanx apakah sudah ssuai dgn syariat islam, kmudian sperti bahan/bufferx, utk menahan kadar air didalam mkanan biasax mggunakan gelatin, nah…gelatin yg dipilih apakah dri gelatin nabati, atau hewani, jika hewani,,hewan apa yg dipakai,. kebanyakan sih industri makanan luar negri lebih suka mggunakanj gelatin babi krna lebih mudah didapatkan.

  5. Assalamualaikum saudari2 muslimah disana,

    Harap semuanya sihat walafiat.
    Nama saya Ruby. Saya akan melawat Korea di bulan October ini dan sedang mencari informasi informasi berkenaan dengan tempat penginapan, makanan halal dan tempat pelancongan disana dan terjumpa blog saudari ini. Terima kasih kerana memberi tunjuk dan nasihat yang berguna untuk pelawat seperti saya yang first time di Korea. Please write more. =) Saya ingin bertanya saudari, tahukah motel apa yang bersih di sekitar kawasan Itaewon? Saya bercadang untuk menginap di sana untuk 5 hari.

    Wasalam,
    Ruby
    ruby27@gmail.com

  6. Assalamualaikum,

    Sayang sekali informasinya tidak lengkap, dan saya lelah mencari cari produk mie insntan Korea yang dijamin ke halalannya. Mengapa lemabaga Islam yang ada disana tidak mempunyai semacam daftar mana produk yang halal terutama yang kemasan seperti ini?

    Wasalam,

    Harry

  7. maaf..ini kebanyakan haramnya??..maksudnya,..rata-rata pake sake???
    apalagi kita gatau kalau beef korea termasuk bulgogi mengandung daging babi

  8. apa itu benar ? saya jadi ragu ,padahal saya penggemar masakan korea :(

  9. assalamualaikum
    saya muslimah dari surabaya, kemaren saya baru beli pasta kacang kedelai (doenjang-재 래 식 뒨 장) merk SunChang (순 창), apakah bumbu masakan ini halal atau haram, karena setau saya bumbu ini adalah hasil fermentasi kedelai seperti tauco?

    • sekedar berpendapat, setahu saya dwenjang itu tdk memabukkan..hehe..sama seperti kimchi dan yogurt, ia hasil fermentasi. Hasilnya adalah makanan berbahan dasar kedelai yg mudah dicerna oleh tubuh.

      wallahu’alam bisshowab.

  10. Assalamualaykum mbak,
    Nama saya Pipit, saya tertarik untuk mencoba menbuat tteokbokki sendiri tetapi saya ragu ketika akan membeli pasta cabai (gochujang) yang bermerek SunChang (순 창) tertulis di label kecil yg berbahasa Inggris bahwa produk ini mengandung ±0,72% alkohol. Apakah memang dalam ditambahkan minuman keras/alkohol dalam proses pembuatan gochujang atau alkohol itu muncul sebagai akibat dari proses fermentasi? Apakah gochujang termasuk bahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh umat islam? terima kasih atas penjelasannya mbak.

    • wa’alaykumsalam wr wb.

      Mba Pipit..maaf telat menjawabnya. Tadi siang saya mencoba bertanya pada Prof. dari jurusan Food Science. Beliau bilang, ethanol yg di dalam gochujang itu bukan sesuatu yang ditambahkan tetapi muncul karena proses fermentasi. Kesimpulannya adalah insyaAllah bisa/ boleh dikonsumsi. Wallahu’alam bisshowab..

      • mba wina jurusan food science??? saya tertarik sama jurusan itu, tapi s2 saya jurusan kimia, kira2 bisa ga ya? trus yg bagus dimana aja ya?

      • mba wina jurusan food science ya? saya tertarik ambil jurusan itu buat s2, tapi s1 saya kimia, bisa ga ya? kira2 yg bagus dimana aja ya? trims.

      • Bisa kasi tau apa jenama gochujang , ganjang dan doenjang yang bisa di konsumi dan halal? makasih ya

  11. assalam.. mau tanya, kalau mie instant merk paldo dari korea halal ga?soalnya sudah di jual di supermarket di bandung. terimakasih..

    • wa’alaykumsalam Mba Nona..
      Paldo itu banyak variannya. Ada bibimyon (비빔면), jangramyon (장라면), hemulramyon (해물라면),dll. Terus terang saya belum pernah mencoba salah satu dari mie2 ini, sepertinya ada unsur tidak halalnya. Kalau mau lebih jelas, boleh tolong tunjukkan foto ingredientsnya? Mudah-mudahan nanti bisa dibantu. Atau Mba Nona bertanya kepada teman yang bisa berbahasa korea di sana :)

  12. Wah saya penggemar korea…dan sangat ingin mengkonsumsi masakan korea. Tp ternyata setelah saya search di internet ternyata meski masakan korea tidak semuanya mengandung babi, namun korea selalu memakai soyu sauce dan pasta cabai hasil fermentasi. Setau saya, meskipun bahan dasar pembuatannya tidak mengandung alkohol, namun jika setelah melalui proses, contohnya fermentasi, menghasilkan alkohol…maka makanan tersebut menjadi tidak halal dikonsumsi, baik jumlah alkoholnya besar maupun kecil, memabukkan atau tidak. Seperti halnya wine, pada awalnya tidak mengandung alkohol, tp setelah proses penyimpanan bertahun-tahun menghasilkan alkohol. Saya rasa itu kasus yang sama… Wallahua’lam…

    • mencoba berpendapat (bukan ahlinya-maaf). saya kira ini urusan khilafiyah saja. seperti di Indonesia, ada yang membolehkan untuk mengkonsumsi tape, ada pula yang memilih untuk tidak mengkonsumsi. Kemarin sempat dibahas di grup muslimah indonesia, alkohol dan khamr itu berbeda, yg dilarang dikonsumsi itu khamr, bukan alkohol. Alkohol scr alami ada pula di buah nangka, durian, dll. Tetapi islam juga tidak melarang manusia mengkonsumsi buah nangka.

      Mengenai beberapa makanan korea hasil fermentasi, saya lebih menyamakannya dengan tape. Alkoholnya ada dalam jumlah sedikit, tidak berpengaruh (tidak memabukkan) dan berbahaya kepada tubuh org yg mengkonsumsinya. Proses penyimpanannya juga tidak lama, antara 2-4 hari.

      wallahu’alam bisshowab.

  13. assalamu’alaikum wr.wb
    mnrt pnglmanku krn prnh bkrj d rest korea slma 5th.
    aku nytakan 99% makanan d rest korea itu
    HARAM.
    krna meskipn bahan dasar.a halal akan ttp dlm pengolahan ato slm proses saat penyajian dan alat” yg digunakan itu bsa menjadi haram.
    contoh:
    bulgogi (dging sapi slais tipis dgn saus manis)
    biasa dmsak barbeque.
    mggukan alat ami (lmpengan besi bulat sbg alas memanggang dging)
    disini bulgogi bsa mnjdi haram, krna ami juga dgunakan untuk mmgang babi
    sprti halny ogeopsal (dging babi 3 lapis) ato sageopsal (dging babi 5 lapis) dll dalam pencucian alat tdak trllu bersih tkadang msh trtinggal bkas lemak ato mnyak babi.
    kl saus biasa memakai denjang (semacam tauco)

    untuk pancan (makanan pelengkap) sprti kimchi (brsal dr sawi putih), mul kimchi, katdugi (lobak), sense dll itu sptiny halal murni sayuran akan ttp smua bumbu yg dgunakan itu 80% dr korea dan kita tdak mengetahui bahan apa yg mrka gunakan dlm bumbu tsb.

    ini smua yg mbuat aku mrsa brsalah dn mundur dr pkrjaan.
    krna scra tdak lgsung telah meracuni ummat,
    krna sekitar 40% lbih plggan d rest korea itu ummat muslim.

  14. hello. saya dari malaysia. mau tahu, jenama ganjang yang halal. jika nggak keberatan, bisa dititip fotonya? makasih ya. :)

  15. [...] halal ada di sini, ini ada pdfnya juga, sok lah kalo mau diunduh Halal Food Guide for Muslims living in [...]

  16. Kalo ramyun yg dilotte mart haram atau halal? Please ksih tau scpatnya

  17. Waduh sudah berkali-kali makan mie shin ramyun…. gmana nih baru tau itu ada unsur haramnya….. kl jjangmyeon (maaf kl salah tulis) itu mie haram juga gak? karna pembuatan mie itu pake pork di maangchi…. kasi tau ya …….

  18. Mbak mau nanya. CROWN Sando Strawberry Biscuit halal apa haram ya? itu sama french cafe? halal ngak sih?

  19. Assalamu’alaykum Mba Fina, Mba Nana dan Mba Cici. Begini saja mba, solusinya biar aman, selama Mba2 tidak bisa membaca tulisan Korea, dan di label makanan tersebut tidak ada logo Halal, mohon tidak dikonsumsi. Bukankah di Indonesia sudah banyak makanan yang Halal. Artikel ini pada awalnya dibuat untuk memberikan pengetahuan kepada muslim/muslimah yang sedang bermukim di Korea. Untuk Shin Ramyon sendiri, setahu saya ada yang sudah bersertifikasi Halal, dijual di Ranch Market. Mohon maaf, jika tidak banyak membantu.

  20. mbak
    saya ex tki korea dan sekarang dah di tanah air
    dan sudah buka usaha sendiri dan sukur alhamdulillah dan lancar
    klo mbak nya bukan tki dan bisa saya ajak kerja sama
    saya ingin ngajak kerjasama mbak, dalam bentuk kerjasama jual beli ataupun distribusi barang ke situ.
    produk saya olahan ikan belah
    tp bukan sekedar asin rasanya.
    soalnya saya ingin merambah ke hongkong, korea selatan dan taiwan.
    bidikan pasar saya rekan2 tki yang di negara tsb
    jika mbaknya minat tolong balas ke imail saya ini.
    abylowo2@gmail.com
    terimakasih sebelunya

  21. Assalamualaikum mbak,,bermanfaat sekali pembahasannya.maaf ne pertanyaannya oot.di indo kan juga lagi kena demam korea.makanan,kpop,kosmetik baju dll.sya pengen banget buat coba kosmetik korea mbak,macam etude,holika holika,skin 79 dll.apa kosmetiknya halal juga atau ada yang haram ya mbak semacam memakai collagen atau gelatin babi misalnya.soalnya kadang nggak ada keterangannya yg jelas.kalau mbak tahu dan berkenan tlong pembahasannya dishare di blog punya mbak ini ya..terimakasih..

  22. Assalamualaikum mbak,,bermanfaat sekali pembahasannya.maaf ne pertanyaannya oot.di indo kan juga lagi kena demam korea.makanan,kpop,kosmetik baju dll.sya pengen banget buat coba kosmetik korea mbak,macam etude,holika holika,skin 79 dll.apa kosmetiknya halal juga atau ada yang haram ya mbak semacam memakai collagen atau gelatin babi misalnya.soalnya kadang nggak ada keterangannya yg jelas.kalau mbak tahu dan berkenan tlong pembahasannya dishare di blog punya mbak ini ya..terimakasih…

  23. […] Halal Chilli Paste Korea Halal Korean Cuisine Made Delicious Convenient Gochujang Sauce Makanan di Korea Halalkah? Masakan Korea […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: