Buat Mandu yuk,

September 12, 2008 at 6:12 am | Posted in Uncategorized | 2 Comments
Tags:

Pengen makan mandu, tapi 어떻게(bagaimana):( semua isinya pake 돼지고기 (daging babi). atau ada yang enggak juga belum jelas sih halal tidaknya. ini dia kita coba buat sendiri yuk..

oya kalau belum tau mandu, itu seperti somay dengan kulit pangsit/lumpia yang dikukus. rasanya enak deh. soalnya Khansa,Laskar, umi dan abi pernah makan ditempat Bude Fatima/itaewon. eh abinya minta dibikinin juga di rumah. jadi deh umi belajar buat sendiri.

cuma isinya pake resep sendiri.:) insyaAllah mudah nih.

Bahan-bahan:

  1. Kulit mandu (mandu pi)* 

2. putih telur/air (untuk lem)

Bahan isi/ tumis: (untuk kali ini karena kebetulan ada sisa tumisan ayam teriyaki yang dibuat umi semalam).

  1. isinya ternyata bisa juga dari bahan nugget tahu.
  2. atau bisa juga isi dengan tumisan daging yang disuwir2 kecil dengan bawang bombay dan bawang putih.
  3. isi bisa variasi

Cara membuatnya:

  1. Ambil selembar kulit mandu, isi dengan bahan isi. jangan terlalu banyak. secukupnya saja.
  2. kulit mandu biasanya berbentuk lingkaran, setelah diisi sekeliling lingkarannya diberi air/putih telur agar dapat menempel lalu lipat dua seperti pastel, lalu lipat lagi kedua ujungnya dipertemukan. boleh dibentuk sesuai selera. asal seluruh bahan isi tertutup.
  3. Didihkan air di panci.
  4. kukus selama 15-20 menit.
  5. Angkat hidangkan hangat.

Oya biar terasa lebih Indonesia makan mandu ini dengan bumbu pecel. ups rasanya nikmat seperti somay. kalau mandunya mau di goreng juga bisa, rasanya jadi seperti batagor deh. Tips gorengnya harus dengan minyak banyak dan panas biar garing dan kering. Terus di buat sop juga bisa tinggal dibuat kuah setelah dikukus. kuahnya seperti kuah baso ditambahin udang kering lebih nikmat dalam rebusan kuah itu. insyaAllah gak kalah seperti rasa pangsit kuah. kalau orang Korea sih makan mandu ini dengan ganjang (kecap asin) dicampur biji wijen dan cabe bubuk.

Tapi kalau abi makannya dengan cuka pempek. itung-itung kangen makan pempek:)

Pagi itu mandu dibuat langsung laris manis dimakan oleh Khansa Laskar dan Abi, Umi juga. Alhamdulillah.

Satu lagi mandu ini juga setelah dikukus bisa di simpan dalam frezer. kalau mau dimakan tinggal dikukus lagi.

Selamat mencoba yah.

*per plastiknya kulit mandu dijual biasanya sebanyak 20 lembar

About these ads

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kulit mandu sama kulit pangsit biasa sama gak ya mbak??
    apa kulit mandu gampang dicari di supermarket biasa??

  2. jadi kepengen bikin juga, dapet kulit mandunya dimana mbak ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: